Senin, 28 Desember 2015

Tips berkendara di jalan raya agar selamat sampai tujuan

Tips berkendara di jalan raya agar selamat sampai tujuan

Kecelakaan bisa terjadi kapan pun dan dimana pun, ini bisa Anda cegah dengan mengerti tata cara berkendara yang aman dan benar. Minimal Anda faham mana yang benar dan mana yang salah, dan tunjukkan tanggung jawab Anda jika Anda memang melanggar peraturan. Tetapi, kembali kepada pribadi masing-masing kalau mau aman dan nyaman berkendara baik untuk diri sendiri maupun orang lain saat ingin bepergian jauh maupun dekat. Berikut tips aman dan nyaman berkendara motor yang selama ini saya lakukan;

1. Membaca do’a sebelum berangkat
Hal ini memberikan kenyamanan karena kita pasrahkan semua kepada sang pencipta agar di beri keselamatan

2. Sebelum melakukan perjalanan biasakan melakukan manajemen waktu dan manajemen perjalanan. Tentukan arah tujuan dan rute yang akan dilewati. Anda bisa menggunakan peta wilayah yang akan Anda kunjungi.

3. Cek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh. Pengecekan meliputi kelistrikan (lampu-lampu, klakson), oli, kondisi mesin, ban, rantai, dan sistem pengereman.

4. Jika Anda hendak melakukan perjalanan jauh, jangan membawa barang bawaan melebihi kapasitas daya angkut sepeda motor. Bawa uang secukupnya, yang penting kartu pengambilan tunai(ATM). Demi keamanan, lihat tips aman mengambil uang tunai di ATM.

5. Selalu pergunakan pakaian berkendara yang dilengkapi dengan body protector bagian siku dan lutut, serta gunakan helm full face.

6. Untuk istirahat setiap 2 jam , waktu istirahat 15-30 menit. Beristirahatlah di tempat-tempat aman dan nyaman seperti kantor kepolisian.

Enam Tips aman dan nyaman berkendara motor diatas, jika Anda laksanakan secara benar, niscaya Anda akan terhindar dari kecelakaan kendaraan. Terutama, Anda harus kontrol emosi bila menghadapi sesuatu di perjalanan. Kalau di Indonesia, sudah pasti… masalah yang membuat naik darah adalah macet. Bagaimana menurut Anda?

Kesadaran berperilaku aman dan nyaman naik kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil sebaiknya dimulai dari diri sendiri, tidak perlu menyalahkan orang lain jika Anda sendiri belum menyadari kesalahan pribadi saat di jalan raya. Ingat; Jalan raya adalah arena pembantaian nyata saat Anda mengabaikan semua peraturan lalu-lintas dan harapan saya Anda dapat mengaplikasikan tips aman dan nyaman berkendara motor roda dua atau mobil diatas setiap waktu demi keselamatan hidup Anda dan keluarga tercinta. Semoga berguna.

Sumber : otosia.com

0 komentar

Posting Komentar